Kamis, 28 Maret 2013

Tips Menghemat Pengeluaran Bagi Mahasiswa/i

Bagi kamu yang sulit menghemat uang ada kalanya beberapa tips bagi Mahasiswa/Mahasiswi yang sedang fokus menjalani kuliah dan jauh dari orang tua.

1. Dalam hal makanan: kamu bisa menghemat makanan dengan makan sehari cukup dengan 10ribu sudah termasuk ngemil, minum, dan makan siang-malam, kenapa engga pagi karena cukup baik kalau buat ngehemat duitnya, makanlah sekitaran jam 10 atau pas makan siang aja dan makan malemnya kalau bisa diatas jam 8. Atau kamu juga bisa puasa buat yang beragama islam jadi cuman makan malem aja dan sahur biar nambah pahala juga.

2. Dalam hal belanja: sebagai mahasiswa pastinya kamu juga butuh belanja seperti fotocopy, beli pena, dll. Kamu pastinya sulit buat menghemat uang dalam hal belanja itu. Engga masalah tapi kalau buat belanja baju, pernak-pernik di tahan dulu aja. Lagian kamu kan kuliah nyari ilmu jadi manfaatin itu duit buat keperluan yang penting.

3. Dalam hal pulsa: smartphone & feature phone (hp) itu pastinya penting banget buat kamu untuk komunikasi ke temen atau ke ortu. Nah biar hemat disaranin pake kartu yang murah seperti KartuAs,IM3,XL,3(tri),AXIS buat yg GSM atau yg punya CDMA SmartFren atau Esia. Bingung ya, sesuaiin aja sama temen kamu kebanyakan dari mereka pakainya apa jadi kan lebih murah buat ke sesama. Jangan lupa juga sediain satu kartu lagi buat ortu kamu kalau ortu kamu pakainya beda operator dari yg kamu pakai biar jarak jauh tetep bisa telponan lama.

4. Dalam hal transport: pastinya cukup melelahkan kalau lokasi tempat tinggal/kost mu jauh dari kampus apalagi kamu belum punya kendaraan sendiri. Nah buat yang tempatnya jauh cukup naik angkutan umum seperti angkot/bus ekonomi karena lebih murah dari taksi. Kalau tempatnya deket kamu juga bisa jalan kaki atau yg punya sepeda gunug/ sepeda fixi bisa dipakai lumayan buat olahraga juga dan hemat bahan bakar. Dan bebas polusi.

5. Dalam hal kerjaan: nah maksudnya kamu bisa nyari kerja sambilan buat nambah-nambah pendapatan selain dari uang jajan. Pede aja kerja apa aja yang penting apa yang kamu lakukan halal.

Nah sekian tips menghemat uang buat para Mahasiswa/Mahasiswi yang berada jauh dari orangtua. Hidup mandiri itu indah dan mendapatkan teman yang banyak itu suatu anugerah karena teman yang baik akan selalu ada buat kamu disaat kesulitan dan disaat kita senang jadi jangan segan minta bantuan kepada teman kamu apabila mengalami kesulitan dan bantulah teman kamu apabila ia mengalami kesulitan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar